Ratu Cumi's Choice

APA SAJA YANG HARUS DIPERSIAPKAN JIKA INGIN MEMULAI "DIVING"?

Diving , atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan menyelam, adalah salah satu olahraga yang masuk ke dalam kategori ekstrem. Dari sem...

Minggu, 24 Juni 2018

Tips Menulis Catatan Perjalanan Ala Ratucumi


Minat baca di Indonesia disebut masih rendah, yaitu menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara. Jangankan baca buku atau artikel, terkadang orang yang hobi banget pantengin media sosial aja lebih suka liat gambar atau videonya aja tanpa baca captionnya apa. Padahal beberapa orang-termasuk aku-memberi kekuatan pada gambar dan video melalui sebuah caption.

Aku dulu mungkin bagian dari mereka yang minat bacanya kurang. Akan tetapi pekerjaan aku menuntut aku untuk harus suka baca. Hukum alamnya menjadi seorang penulis, ya, harus suka baca. Surat kabar yang tadinya cuma diliat judul dan fotonya aja, sekarang aku telan bulat-bulat kumpulan huruf yang ada.

Pun, dalam Islam wahyu pertama dimulai dengan perintah Iqra (bacalah).

Tulisan itu menjadi penting jika disandingkan dengan sebuah gambar. Apalagi jika terkait dengan sebuah perjalanan.

Dalam dunia jurnalistik, catatan perjalanan merupakan bagian dari feature. Ceritanya tidak akan habis tergerus waktu dan akan tetap menarik untuk dibaca hingga kapanpun. Gaya tulisannya bisa dengan bahasa yang berbunga-bunga, menggunakan aneka majas, dan hal-hal lain yang bisa merepresentasikan suasana hati.

Saat ini catatan perjalanan sudah mulai tidak diminati semenjak adanya video perjalanan. Tapi satu hal yang tidak bisa tergantikan adalah kelengkapan informasi dari sebuah perjalanan dan sudut pandang si penulis yang bisa membawa pembaca seolah-olah menjadi sosok utamanya. Kita pun tidak akan mengetahui tentang Jalan Sutera jika Marco Polo tidak mengisahkannya dalam sebuah catatan perjalanan.

Nah, salah satu kesulitan utama menulis catatan perjalanan adalah memulainya. Ya, awal sebuah penulisan memang sangat sulit. Tapi untuk mempermudah teman-teman bisa memulai dengan memaparkan apa yang teman-teman lihat ketika pertama kali memulai perjalanan.

Misal:
Dari balik kaca jendela mobil yang aku tumpangi aku sudah bisa melihat kegagahan Gunung Merapi. Gunung yang sempat batuk beberapa tahun silam yang ....

Berikan info singkat tentang destinasi yang kita datangi. Karena sesungguhnya pembaca sangat menyukai jika apa yang dibaca bisa memberikan informasi tambahan untuk kehidupannya.

Mulai tinggalkan membuat catatan perjalanan seperti buku diary. Karena sejujurnya bukan kegiatan sehari-hari yang ingin diketahui oleh pembaca. Bisa hasilkan sebua tulisan yang mengandung asa dan rasa. Biasanya ketika kita memiliki emosi tersendiri dari suatu perjalanan dan kita tuangkan itu semua dalam sebuah tulisan, pembaca akan merasakan setitik emosi yang kita rasakan.        

Jika ingin memasukan info tentang transportasi, harga, kontak, akan lebih baik dibuat di luar tulisan. Bisa dibubuhkan setelah tulisan berakhir.

Sebuah catatan perjalanan akan menjadi lebih menarik jika disertai dengan foto. Karena ketika membaca sebuah catatan perjalanan, pembaca akan berimajinasi dengan bacaannya. Foto akan memandu imajinasi tersebut.

Tips:
  1. Jangan ragu untuk mulai tulisan. Tulis saja dulu apa yang kita mau tulis. Tak mengapa jika ada tahap selanjutnya untuk memperbaiki tulisan  kita sebelum di publish di blog masing-masing. 
  2. Baca ulang tulisan kita. Untuk mencegah apakah tulisan kita nyambung atau tidak, dan mengecek ada typo atau tidak.
  3. Banyak baca. Kita tidak akan menghasilkan tulisan yang baik jika kita tidak suka membaca. Dari membaca beragam buku, kita akan mendapat banyak referensi untuk gaya bahasa dan penulisan.
  4. Ketika mengunjungi suatu destinasi, sempatkan mengobrol dengan orang sekitar.
  5. Hasilkan tulisan yang setidaknya kamu juga ingin baca, karena tulisanmu busa menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan.

Sebuah quotes mengatakan,
"Writing is underestimated art, you are painting colorful images in people minds bu using words of black and white."

Selamat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar